Bandara Halim Perdana Kusuma Di Jakarta Timur

Bandara Halim Perdana Kusuma Di Jakarta Timur

1587
0
SHARE

Bandara halim perdana kusuma merupakan salah satu bandara yang ada di jakarta, bandara ini di gunakan oleh kesatuan komando oprasi angkatan udara I, dahulunya bandara ini bernama bandara cililitan karena letaknya sendri masih di kawasan cililitan. Pada tahun 1960 nama bandara cililitan di ganti dengan nama bandara Halim Perdana Kusuma karena untuk menghormati pahlawan angkatan udara kita.

Bandara halim perdana kusuma ini lebih banyak di gunakan untuk kegiatan militer dan tamu VIP seperti kunjungan presiden Amerika serikat Barack Obama yang landas di bandara halim perdana kusuma tersebut. Adapun mulai tahun 2014 bandara halim perdana kusuma tersebut di gunakan juga untuk penerbangan komersial terbatas karena untuyk menampung dan membantu bandra soekarno hatta yang sudah penuh sesak.

Bandara halim perdana kusuma ini lebih banyak di gunakan untuk kegiatanb militer

Sejarah Bandara Halim Perdana Kusuma

Dahulunya pada masa perang kemerdekaan halim perdanakusuma dan opsir iswahyudi mendapat tugas untuk membawa pesawat tempur yang baru di beli. Pesawat tersebut sebelumnya berada di muangthai (thailand) sehingga kedua utusan tersebut kesana untuk mempelajari cara penggunaan pesawat tersebut selama 5 hari. Dan pada hari di bawanya pesawat tersebut, pangkalan udara telah menunggu kedatangan pesawat tempur yang baru di beli tapi tak kunjung datang, hingga pada akhirnya tersiar kabar bahwa pesawat jatuh di kawasan selat malaka, sebelumnya kedua korban tersebut tidak di ketemukan hingga pada akhirnya nelayan lokal menemukan sosok mayat yang di duga kuat mayat dari perwira halim perdana kusuma akan tetapi sampai saat ini mayat iswahyudi belum juga di ketemukan, hingga akhirnya untuk mengabadikan nama kedua pahlawan tersebut bandara cililitan di ganti nama dengan bandara udara halim perdanakusuma serta nama iswahyudi sendiri di abadikan menjadi pangkalan udara militer di madiun, jawa timur.

Keberadaan bandara halim perdanakusuma sendiri ada mulai tahun 1928 yang masih bernama bandara cililitan, sedangkan pengguna pertamanya adalah Koninklijke Nederlandsch-Indische Luchtvaart Maatschappij, maskapai milik kolonial Belanda di Indonesia. Adapun penerbangan pertama di lakukan ke Batavia – Bandung, Batavia – semarang, dan terjadi pada 1 november 1928 di tandai dengan perayaan besar. Awal mula inilah hingga berlanjut penerbangan menuju serabaya, palembang, makasar, tarakan, Balikpapan, medan, denpasar dan kota – kota besar lainya.

Sampai sekarang bandara halim perdana kusuma keberadaanya sangat membantu baik untuk pertahana negara atau untuk umum seperti penerbangan pribadi atau penerbangan komersil. Karena di kelola langsung oleh pihak angkasa pura dan angkatan udara indonesia maka bandara halim perdana kusuma sangat baik dari segi fasilitas dan teknologi nya, jika anda ingin mengunjungi dan melihat –lihat lokasi bandara halim perdana kusuma anda bisa langsung naik transportasi umum menuju kawasan cililitan. Banyak transportasi umum yang menyediakan rute perjalanan ke area tersebut.

Sejarah Bandara Halim Perdana Kusuma

Sumber photo:

  1. sp.beritasatu.com
  2. jitunews.com
  3. wikimapia.com

Pengunjung Juga Mencari: