Candi Borobudur

Candi Borobudur

1830
0
SHARE

Senang dengan sejarah bangsa indonesia banyak sekali peninggalan – peninggalan bangsa indonesia yang sangat bagus untuk di jadikan tujuan pariwisata, kali ini kita akan membahas tentang salah satu bangunan yang ada di indonesia yang sangat terkenal di seluruh antero dunia dahulu juga pernah di jadikan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Nama bangunan tersebut adalah candi borobudur

Borobudur merupakan candi peninggalan budha yang terletak di kota magelang, jawa tengah sekitar 40 KM dari kota jogja. Candi borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia. Pada masa dinasti syilendra pada pemerintahan samaratungga pada kerajaan mataram kuno.

Borobudur merupakan candi peninggalan budha yang terletak di kota magelang, jawa tengahCandi borobudur ini merupakan bukti akan agama yang dulunya menempati kawasan indonesia khususnya pulau jawa adalah salah satunya adalah agama budha. Candi borobudur dahulunya sangat tidak terawat hingga akhirnya di ketemukan pada masa penjajahan belanda oleh sir thomas stamford rafles, di menyebutkan kata borobudur dari dua suku kata yaitu bore dan budur, yang mempunyai arti bore adalah sebuah desa yang terletak di sekitar lokasi boro budur tersebut sedangkan budur sendiri artinya purba hingga terkenal sampai sekarang dengan nama borobudur.

Bangunan ini menyimpan banyak pertanyaan serta penelitian yang belum terjawab, bisa di katakan bangunan ini di bangunya secara misterius belum terpecahkan teori yang di lakukan pada masa itu untuk mendirikan sebuah bangunan yang sangat megah. Bangunan ini di dirikan pada masa dinasti syailendra yang saat itu menganut agama budha sekitar pada abad 7 sedangkan manusia pada zaman itu abad ke 7 belum mengenal perhitungan arsitektur bangunan yang tinggi dan secanggih itu. Maka itulah salah satu daru misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Banyak sekali para ilmuwan terkenal dunia yang sudah datang ke lokasi candi borobudur tersebut untuk melakukan penelitian tentang bagaimana dan caranya bisa berdiri sebuah bangunan yang megah tersebut, mereka juga mempertanyakan dari mana asal usul batu – batuan yang begitu banyaknya, ada teori yang mengatakan batuan tersebut dari gunung berapi, tapi bagaimana bisa di buat secara simetris serta cara membawanya seperti apa, mengingat lokasi candi borobudur sendiri terletak di atas bukit.

Candi borobudur memiliki stupa yang berbentuk lonceng yang berjumlah 72. Awal mulanya candi borobudur tersebut di ketemukan dengan kondisi yang memperihatinkan dan tidak terawat banyak batu – batuan yang berserakan dan rusak karena terjadinya letusan gunung merapi dan beberapa kali gempa bumi. Hingga di susun ulang oleh para ahli, mereka juga menemukan pola pada bangunan candi borobudur tersebut seperti jam matahari dengan bayangan yang menunjukan pada stupa – stupa tersebut yang di perkirakan untuk penentuan masa panen dan masa tanam dalam bercocok tanam.

Candi borobudur memiliki stupa yang berbentuk lonceng yang berjumlah 72.Candi borobudur merupakan pilihan yang tepat dan sangat cerdas untuk bisa di jadikan tujuan wisata bersama keluarga dan anak – anak untuk di jadikan wawasan dan edukasi kepada anak anda.

Sumber photo: twisata.com