Kabupaten Probolinggo

Kabupaten Probolinggo

1036
0
SHARE
Kabupaten Probolinggo

Kabupaten Probolinggo – Kabupaten yang satu ini adalah kabupaten yang dikelilingi oleh tiga gunung yaitu Gunung Semeru, Gunung Argopuro dan Pegunungan Tengger. Kabupaten Probolinggo tepatnya berada di provinsi Jawa Timur. Perlu anda ketahui bahwa daerah Kabupaten Probolinggo memiliki semboyan “Prasadja Ngesti Wibawa” yang artinya dengan tulus ikhlas untuk menuju kemuliaan.

Prasadja Ngesti Wibawa Sejarah Kabupaten Probolinggo
Pada saat pemerintahan Prabu Radjasa Nagara (1350-1389), Probolinggo dikenal dengan sebutan Banger, banger sendiri adalah nama sungai yang mengalir di tengah dukuh Banger yang kecil di Probolinggo dibawah pimpinan Akuwu. Nama Banger ternyata pertama kali diambil dari buku Negara Kertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca dari kerajaan Majapahit. 

Dalam usahanya mendekatkan diri terhadap warga, Prabu Hayam Wuruk didampingi Patih Amangku Bumi mengelilingi daerah-daerah sekitarnya antara lain Lumajang serta Bondowoso. Tak terkecuali juga desa Banger, di desa Banger Prabu Hayam Wuruk disambut dengan antusias warga yang bahagia, sehingga beliau meminta untuk memperluas wilayah Banger yang sekarang menjadi daerah Kabupaten Probolinggo pada 4 september 1359 Masehi. 

Perintah perluasan wilayah dengan hutan itulah yang menjadikan adanya nama Probolinggo. Itulah sejarah singkat tentang Probolinggo.

Objek Wisata
Kalau berbicara tentang objek wisata, daerah Kabupaten Probolinggo sudah pasti tidak mau ketinggalan. Objek wisata yang paling terkenal di Kabupaten Probolinggo ini yaitu Gunung Bromo. Nama Gunung Bromo berasal dari salah seorang Dewa Hindu yaitu Brahma. Gunung yang masih aktif ini masih ternyata masih tetap saja diminati banyak pengunjung sekitar bahkan mancanegara.
Gunung yang memiliki ketinggian 2.392 meter dimiliki oleh daerah Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Kemudian pantai Bantar Indah, pantai ini terletak di pinggir jalan raya Surabaya-Banyuwangi kurang lebih 7 km kearah timur dari Kota Probolinggo. Selanjutnya anda bisa menikmati Rafting di Sungai Pekalen. 

Menikmati arung jeram di Sungai Pekalen tentunya bisa memperkuat nyali anda. untuk sampai di sungai Pekalen anda bisa menempuh jarak sekitar 26 km atau 30 menit perjalanan kearah selatan  dari kota Probolinggo. Sungai ini memiliki ketinggian 500 dpl dengan tingkatan mulai tingkat I sampai III dengan 30 jeram. 

Objek WisataUntuk menempuh jarak 9 km diperlukan waktu 2,5 hingga 3 jam lamanya sekaligus dengan waktu istirahat. Bagi anda yang ingin mengikuti olah raga ini pastikan anda berani dan berusia sekitar 10- 60 tahun. Objek wisata di daerah Kabupaten Probolinggo selanjutnya adalah Candi Jabung. 

Candi Jabung adalah Candi peninggalan zaman sejarah yang terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton. Obyek wisata selanjutnya adalah Air Terjun Madakaripura, air terjun ini sangat identik dengan legenda Gajah Mada. Selain ceritanya yang menarik, pemandangannya juga sangat menakjubkan. Sangat disayangkan sekali karena obyek wisata yang satu ini kurang dikenal banyak orang.

Sumber Photo :

  1. agentwisatabromo.com
  2. tempatwisataunik.com
  3. raftingnoars.wordpress.com

Coba Baca Ini Juga Yuk: