Kawah Ijen

Kawah Ijen

1336
0
SHARE
Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan destinasi wisata yang terletak tepat pada bagian puncak Gunung Ijen dengan kawah yang luasnya hingga 5. 466 ha dan titik puncak 2.443 m dari atas permukaan laut dan dengan 200 m kedalaman danau. Selain itu, Kawah Ijen mengandung asam dengan suhu mencapai 200 derajat celcius. Selebihnya, mari simak ulasan mengenai Kawah Ijen berikut.
Keindahan Wisata Kawah Ijen
Anda dapat menemukan berbagai keindahan wisata Kawah Ijen. Dari atas Gunung Kawah Ijen sangat indah, dengan danau yang luas berwarna hijau kebiruan, bersamaan dengan sensasi dingin, dan diselingi kabut serta asap belerang, sungguh sayang untuk dilewatkan. 

Keindahan Wisata Kawah Ijen

Selain itu, anda dapat menemukan tanaman seperti bunga Edelweis, dan di sekitar lereng kawah terdapat pohon Manisrejo (cantiqi). 

Ketika pagi hari, wisata Kawah Ijen dengan warnanya yang cantik akan terlihat jelas. Dinding kawah berwarna kekuningan khas belerang. Keindahan Kawah Ijen yang paling ditunggu adalah fenomena Blue Fire alias Api Biru. Penampakan tersebut muncul di tengah-tengah penambangan sulfur yang dapat disaksikan pada dini hari sampai sekitar jam 5 pagi.

Disamping itu semua, anda dapat menyaksikan para penambang belerang yang sedang bekerja dengan menantang maut. Mereka akan memikul belerang sambil menyusuri jalan di tebing kaldera yang sangat curam. Setelah itu, hasil kerja keras mereka akan dibuat berbagai cinderamata ‘hand made’ ala Kawah Ijen.

Cara ke Kawah Ijen 

Cara ke Kawah Ijen pertama anda harus menuju ke Banyuwangi dari tempat asal anda, bisa dengan melalui kereta, bus, travel, dan pesawat. Kemudian anda harus menuju Paltuding, bisa dengan mobil pribadi atau dengan menyewa jeep, angkot, maupun ojek/motor.

Tips Berwisata Kawah Ijen
Sebelum mengunjungi Kawah Ijen, simak tips-tips berikut ini terlebih dahulu:

  1. Pilih timing yang tepat Tips ke Kawah Ijen yang pertama yaitu pilih timing yang tepat, usahakan pada musim kemarau. Karena, saat musim hujan, jalan sering licin, longsor, tertutup kabut. Jika ingin melihat Blue Fire, lebih baik mendaki pukul 3 pagi.
  2. Pastikan kondisi tubuh sedang fit Usahakan tidak sakit saat mendaki, karena perjalanan yang di tempuh dengan berjalan kaki akan cukup panjang.
  3. Persiapkan perlengkapan Tips selanjutnya, sebelum mendaki ke Kawah Ijen, siapkan perlengkapan seperti makanan, minuman, obat-obatan, masker, jaket, sarung tangan, tenda, dan lain-lain.
  4. Taati Peraturan Tips terakhir dalam wisata Kawah Ijen agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, taatilah peraturan, maupun rambu-rambu yang ada pada Kawah Ijen.

Tips Berwisata Kawah Ijen

Kuliner dan Oleh-Oleh Wisata Kawah Ijen
Disini juga terdapat kuliner dan oleh-oleh Kawah Ijen. Kuliner Kawah Ijen antara lain; sego tempong, rujak soto, rujak bakso, pecel rawon, dan pecel kare. Sedangkan oleh-oleh Kawah Ijen ada souvenir dari belerang yang dibuat oleh para pengrajin dari penambang belerang.

Demikian ulasan mengenai wisata Kawah Ijen. Tertarik untuk mengunjungi Kawah Ijen?

Sumber Photo : banyuwangibagus.com