Kota Tua Batavia

Kota Tua Batavia

743
0
SHARE

Kota Tua Jakarta – Berkunjung ke kota jakarta seakan – akan tidak pernah ada habisnya untuk tempat wisata dan hiburanya, apalagi untuk wisata sejarah pada jaman pra kemerdekaan atau pada waktu bangsa kita di jajah belanda, semua bangunan dan tempatnya masih terawat baik seoalah masih membuat kita kembali ke jaman masa pra kemerdekaan.

Salah satu tempat yang wajib di kunjungi adalah kota tua jakarta yang biasa di sebut juga kota tua batavia tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib di kunjungi bila sedang berpergian di kota jakarta.

Kota tua jakarta yang biasa di sebut kota batavia lama ini merupakan wilayah selebara 1,3 kilometer persegi yang melintasi jakarta utara dan jakarta barat ( pinangsia, tamansari dan roa malaka). Pada jaman dulu kota jakarta di juluki oleh negara lain sebagai ratu dari timur atau permata asia karena merupakan area strategis untuk jalur perdagangan di kawasan asia, dan sumber daya nya yang melimpah.

Pada tahun 1526 kota tua jakarta yang dulunya batavia ada utusan dari kesultanan demak yang bernama fatahilah menyerang palubahan sunda kelapa yang dulunya di kusai oleh kerajaan hindu pajajaran, dan kemudian di namai jayakarta.

Sebagai kawasan penting sejak abad 16, maka kota tua jakarta banyak di kelilingi bangunan – bangunan penting dan bersejarah di kota jakarta antara lain ialah

  • Gedung arsip nasional
  • Tugu jam kota tua jakarta
  • Stasiun jakarta kota
  • Gereja sion
  • Museum bank mandiri
  • Museum bank indonesia
  • Museum wayang
  • Petak sembilan
  • Pecinan glodog dan pinangsia

Serta masih banyak puluhan lagi bangunan dan kawasan bersejarah yang sudah di selamatkan bahkan di pakai gedung – gedung pemerintahan serta museum.

Kawasan Wisata Kuliner 
Untuk kuliner di kota tua jakarta anda bisa menghubungi kuliner yang bernama café batavia dan café gazebo. Kedua tempat tersebut adalah tempat terkenal untuk bersantai – santai dan sedikit bisa menikmati suasana jakarta pada masa lampau, tidak hanya suasana nya saja akan tetapi hidangan – hidangan yang di sajikan merupakan kuliner bernuansa klasik.

Café batavia sendiri terletak di lapangan fatahillah di sini anda akan di manjakan dengan alunan musik klasik, serta hidangan yang di sajikan merupak hidangan eropa, asia, dan indonesia dengan berbagai menu andalan yang ada.

Sedangkan café gazebo sendiri menyediakan hidangan serta makanan yang berbeda dari café batavia. Karena menu di café gazebo berupa menu makanan / jajanan orang indonesia sekarang seperti sate, gado – gado es buah soto dan lain – lain pokoknya menu serba tradisional yang rasa nya tak kalah di banding dengan masakan – masakan eropa. He..he adapun harga yang di tawarkan berfariatif antara 50.000 – 150.000 lumayan terjangkaulah untuk makanan di kawasan wisata seperti kota tua jakarta ini.

Sumber photo:

  1. anekatempatwisata.com
  2. gulalives.co
  3. diarysivika.com