Kunjungan Wisatawan Asing Ke Indonesia

Kunjungan Wisatawan Asing Ke Indonesia

640
0
SHARE

Wisata indonesia -Indonesia memang benar – benar sektor wisata yang sangat potensial terbukti dengan peningkatan kunjungan wisata asing dari tahun ke tahun, terbukti di tahun 2015 saja wisatawan asing meningkat sebesar 3,23 persen di banding tahun sebelumya, hal tersebut seperti di ungkapkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) januari kemarin.

Kementerian pariwisata (Kemenpar) membenarkan bahwa kunjungan wisatawan asing naik bahkan melebihi target. Dengan target 10 juta di tahun 2015 dan dengan data serta hasil yang membanggakan yakni di angka 10.406.759

Pertumbuhan kunjungan wisatawan asing tersebut lebih baik dari beberapa negara di asean seperti tetangga malaysia, dan singapura. Kita lebih unggul untuk sektor pariwisata yang di kunjungi wisatawan asing. Tentunya hal itu merupakan kabar yang baik untuk wisata indonesia dan pertumbuhan ekonomi kita serta faktor pendukung yang signifikan untuk melajunya sektor usaha wisata indonesia. Dengan begitu para pelaku usaha tour travel di indonesia harus mampu berkembang serta berkompetitif ke arah yang lebih baik sebagi sektor pembantu terlangsungnya tempat wisata yang baik.

Langkah percepatan wisata tersebut di ambil oleh kementrian pariwisata di fokuskan untuk 10 daerah yang menjadi proiritas tujuan wisatawan seperti Borobudur, Mandalika, Labuhan bajo, toba, kepulauan seribu, bromo – tengger – semeru, wakatobi, tanjung lesung, morotai dan tanjung kelayang, menggunakan konsep single destination dan single management. Dengan begitu pemerintah sedang membentuk badan otoritas untuk mengelola destinasi prioritas wisatawan tersebut. Dengan begitu pemerintah memperkirakan 8,5 juta wisatawan asing akan di jaring dengan adanya program tersebut.

Dengan peningkatan wisatawan asing datang ke wisata indonesia berdampak pada okupasi kamar hotel, BPS mencatat peningkatan hunian kamar hotel naik menjadi 52 persen yang sebelumnya hanya di angka 47,5 persen. Walaupun begitu meskipun kunjungan meningkat tetapi ada penurunan di sektor waktu kunjungan. Menurunya waktu kunjungan wisatawan asing tersebut karena kurangnya atraksi wisata di daerah – daerah tujuan wisata. Hal itu menjadi PR bagi pemerintahan untuk di tindak lanjuti dan di tangani supaya terjadi peningkatan.

Wisata indonesia sebisa mungkin membuat para wisatawan asing betah untuk berlama – lama dengan di adakanya event – event dan program pemerintah khususnya di bidang kesenian akan menambah waktu kunjung para wisatawan asing tersebut, karena mereka sulit menemukan berbagai macam seni dan kebudayaan yang beragam di negara – negara lain tidak seperti di indonesia mereka bisa menemukan berbagai macam seni dan budaya yang berbeda – beda bahkan di setiap tempat dan destinasi wisata yang mereka kunjungi. Hal itu merupakan sesuatu yang luar biasa dan sangat mempesona bagi para wisatawan asing, karena mereka jarang sekali menemui sini dan kebudayaan yang beraneka ragam serta menarik di bandingkan di lingkungan tempat tinggal mereka.

Sumber photo:

  1. togethertraveler.com
  2. indonesia-holiday.com
  3. cnn.com