Masjid Dan Makam Sunan Ampel

Masjid Dan Makam Sunan Ampel

1599
0
SHARE
Masjid Dan Makam Sunan Ampel – Makam Sunan Ampel Di bulan Ramadhan seperti saat ini, wisata religi adalah kegiatan yang paling pas untuk mengisi waktu luang bersama keluarga. Salah satu tujuan wisata religi Jawa Timur yang sangat sayang dilewatkan adalah masjid dan makam Sunan Ampel yang terletak di kota Surabaya. Pesona religi di ampel dipastikan akan menyihir mata dan lupa akan rasa lapar. Beribadah sambil berwisata, hingga menjajal rentetan makanan khas ampel saat berbuka adalah hal yang lazim dilakukan di “Ngampel” saat Ramadhan tiba.
Beribadah sambil berwisataSejarah masjid dan makam Sunan Ampel
Konon katanya saat Surabaya masih bernama Ampel dento, ada seorang pemuda 20 tahunan yang diutus oleh kerajaan Majapahit untuk menyebarkan ajaran islam di kawasan Surabaya. Orang tersebut tak alin adalah  Raden Achmad Rachmatulloh. Saat mengemban tugas dari raja Majapahit, Raden Achmat memiliki kesulitan mencari tempat dakwah. Akhirnya pada tahun 1421 M, beliau bersama warga sekitar membangun sebuah masjid, masjid inilah yang akhirnya dikenal sebagai Masjid Ampel Surabaya.

Menurut cerita, bangunan Masjid Ampel memiliki karomah yang tinggi. Keyakinan seperti ini terus meningkat karena kompleks masjid tak mengalami kerusakan sedikitpun saat Surabaya digempur oleh peluru belanda.

Di masjid yang berhasil dibangun dengan begitu megahnya, Raden Acmad menghabiskan hari-harinya untuk menyebarkan syiar islam. Kegiatan dakwah terus dilakukan hingga ajal menjemputnya pada tahun 1481 M. Jenazah Raden Acmad kemudian dimakamkan di sebelah kanan Masjid Ampel dan makamnya dikenal sebagai makam Sunan Ampel Surabaya.

Pesona kompleks Sunan Ampel Surabaya
Masjid Sunan Ampel dibangun dengan perpaduan gaya arab dan jawa kuno. Setiap sudutnya dibangun dari kayu jati asli yang didapat dari berbagai penjuru tanah air. Keindahan masjid semakin terasa dengan hadirya 5 gapura yang dibangun oleh masyarakat. 5 gapura tersebut merupakan symbol dari rukun islam yang lima.

Selain Gapura Lima (masyarakat menyebutnya sebagai Gapuro Limo), kompleks wisata Sunan Ampel Surabaya juga diperindah degan adanya menara yang menjulang tinggi di depan masjid. Menara ini merupakan menara yang dibangun oleh Sunan Ampel dan masih utuh hingga saat ini. Melewati kompleks masjid, peziarah juga akan menemukan sumur yang dibuat oleh pengikut Sunan Ampel. Air sumur yang terletak di belakang masjid ini dipercaya memiliki khasiat penyembuh.
Pesona kompleks Sunan Ampel SurabayaPuas menikmati keindahan Masjid Ampel dan makam Sunan Ampel. Para peziarah juga dapat berbelanja oleh-oleh di kompleks pertokoan yang terletak tepat di depan gapura masjid. Sekilas, kompleks pertokoan ini akan nampak seperti pasar Seng di Makkah. Di pasar yang disebut sebagai pasar gubah ampel suci ini peziarah dapat berbelanja makanan khas ampel hingga berbagai oleh-oleh yang biasa dibawa sepulang dari haji. Tak hanya itu, disekitar pasar juga banyak pedagang kaki lima yang menjajakan gulai arab.