Mengenal Jenis Batik Solo

Mengenal Jenis Batik Solo

732
0
SHARE
Mengenal Jenis Batik Solo

Batik Solo – Berwisata budaya tepatnya di kota yang banyak menyimpan sejarah budaya dan keaneka ragaman produk budayanya tersebut, mengingat di Indonesia terdiri dari berbagai suku – suku bangsa maka indonesia menyimpan banyak jenis kebudayaan dan kesenian. Produk kebudayaan yang sangat terkenal bahkan memukau dunia salah satunya adalah Batik, batik di nilai salah satu kekayaan yang di miliki dunia yang berada di indonesia. Di indonesia sendiri banyak sekali kota – kota penghasil batik yang memiliki motif dan pola yang berbeda – beda, yang menawan adalah setiap motif memiliki cerita dan filosofi tersendiri. Kali ini kita akan membahas salah satu kota di jawa tengah yang merupakan penghasil batik yang sangat terkenal yaitu kota solo. Ada beberapa jenis batik yang di hasilkan dari kota solo tersebut setiap batik memiliki makna dan penggunaanya masing – masing, semua itu membuktikan akan kekayaan kebudayaan kota solo yang beraneka ragam, berikut saya berikan contoh beberapa jenis batik solo

1.Batik Sidomukti 
Batik solo sidomukti memiliki arti tersendiri untuk para penggunanya, di ambil dari dua suku kata bahasa jawa sido dan mukti yang mempunyai arti sido adalah terus menerus sedangkan kata mukti berarti berkecukupan sehingga siapa pun yang memakai batik ini semoga bisa secara terus menerus berkecukupan penuh kebahagian serta berselaras dan berkesinambungan selaras dengan rezekinya, biasanya batik sidomukti ini di pakai pada acara – acara pernikahan.

1.Batik Sidomukti

2.Batik Truntum
Batik solo Truntum sendiri biasanya di pakai oleh mempelai orang tua pengantin karena kata truntum sendiri memiliki makna menuntun sehingga sang orang tua bisa menuntun anaknya untuk menjadi pasangan suami istri yang kelak menjadi keluarga yang sakinah

2.Batik Truntum3.Batik solo slobog 
Batik Solo Slobog ini biasanya di pakai untuk orang yang menghadiri orang yang sudah meninggal makna dari batik slonog sendiri memiliki arti longgar atau besar sehingga kelak orang yang sudah meninggal tersebut mempunyai jalan yang longgar atau tidak mendapat halangan dan di terima amal kebaikanya.
4.Batik Semen Rante 
Batik semen rante sendiri memiliki arti sebuah pertalian yang kokoh sehingga seorang yang memakai batik dengan motif ini mengharapkan sebuah ikatan yang tak terpisahakan, jenis batik ini biasa di gunakan untuk seorang wanita yang sedang di lamar oleh seorang pria, sehingga memiliki makna yang sangat mendalam.

4.Batik Semen Rante

5.Batik Satrio Manah 
Batik Satrio manah kebalikan dari Batik Semen Rante yang di pakai untuk seorang lelaki yang mau mengajukan lamaran kepada seorang wanita, makna dari motif ini adalah supaya lamaran di terima oleh sang mempelai.
5.Batik Satrio ManahBeraneka ragam bukan motif – motif batik solo yang tersedia yang sangat membuat kita bangga sebagai negara yang mempunyai warisan budaya yang sangat kaya dan di akui dunia.

Sumber photo: kesolo.com