Mengunjungi Taman Nasional Gunung Rinjani

Mengunjungi Taman Nasional Gunung Rinjani

1497
0
SHARE

Mengunjungi Taman Nasional Gunung Rinjani – Siapa yang tak kenal dengan Gunung Rinjani? Gunung berapi yang puncaknya mencapai ketinggian 3726 m dpl ini terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang masih aktif ini ini masih mengandung kekuatan magis, terbukti dengan adanya ritual khusus yang dilakukan masyarakat sekitar di gunung ini pada waktu-waktu tertentu untuk menghormati leluhur. 
Gunung ini dinyatakan sebagai bagian dari Taman Nasional oleh Menteri Kehutanan dengan adanya latar belakang diantaranya iklim tropis dengan beberapa type vegetasi yang ada seperti hutan hujan tropis dataran rendah, hutan hujan tropis pegunungan, hutan sekunder, dan hutan-hutan sepanjang aliran sungai. 

Gunung Rinjani

Ada banyak sekali wahana wisata di Taman Nasional Gunung Rinjani ini. Untuk memudahkan anda mengenal seluk beluk wisata ini berikut kami informasi untuk anda:

  1. Obyek Wisata Alam Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Pendakian puncak gunung ini adalah salah satu tujuan utama yang diburu para wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini didukung adanya data yang menyatakan bahwa banyaknya jumlah pengunjung semakin meningkat dari tahun ke tahun.
  2. Danau Segara anakDanau yang berada di sebelah Barat Gunung ini tidak kalah istimewa dengan Gunung Rinjani, selain juga bagian dari Taman Nasional, danau ini juga memiliki keistimewaan lain yaitu mengandung belerang sehingga banyak pengunjung memanfaatkan air di danau ini untuk berendam. Belerang mengandung khasiat yang luar biasa untuk menyembuhkan berbagai penyakit.Selain itu, danau ini juga memiliki suhu yang berbeda dari satu tempat ke tempat yang lain, mulai dari suhu dingin, hangat, hingga suhu panas. Di tengah-tengah danau terdapat gunung vulkanik yang masih aktif dan berkembang.

  3. Berpotensi sebagai tempat hidup flora dan fauna
    Gunung ini memiliki type vegetasi yang cocok sebagai temapt berkembangnya beberapa tumbuhan dan hewan. Beberapa tumbuhan yang bisa hidup di Taman Nasional ini adalah beringin, jelutung, jambu-jambuan, dedurenan, anggrek endemik, dan lain sebagainya. Selain tumbuhan, beberapa mamalia juga dapat hidup disini, seperti musang, rusa, trenggiling, dan masih banyak lagi.

  4. Terdapat Air terjun Air yang mengalir dari danau segara anak membentuk air terjun, mengalir melalui jurang yang curam sehingga menambah keistimewaannya.

  5. Kolam PemancinganDi bagian selatan danau terdapat Segara Endut, danau yang biasanya digunakan untuk memancing karena di danau ini terdapat ikan mujair dan ikan-ikan yang lain.


Kolam Pemancingan

  1. Sumber Air PanasSumber air panas ini dinamakan Air Kalak Pangkereman Jembangan, letaknya berada di bawah segara anak. Sumber air panas ini biasa digunakan untuk memandikan benda-benda keramat seperti keris, pedang, dan lain sebagainya. Bukan hanya dimanfaatkan untuk memandikan benda-benda keramat tersebut, tetapi juga bisa digunakan untuk memastikan keaslian benda. 

Itulah informasi seputar Taman Nasional Gunung Rinjani ini yang perlu anda ketahui. Tidak akan kecewa jika anda memasukkan tempat wisata ini ke dalam list daftar tempat wisata yang hendak anda kunjungi.  Tidak akan kecewa jika anda benar-benar menjejakkan kaki di tempat wisata Gunung Rinjani ini.