Menikmati Panorama Little Afrika in Java di Taman Nasional Baluran

Menikmati Panorama Little Afrika in Java di Taman Nasional Baluran

1437
0
SHARE

Untuk anda yang sedang bingung mencari destinasi wisata untuk dikunjungi sebagai tempat berlibur maka Taman Nasional Baluran adalah pilihan yang tepat. Apalagi bagi anda maupun si kecil yang menginginkan wisata menarik sebagai wahana edukasi maka memilih lokasi wisata ini sangat cocok.
Lokasi taman nasional ini secara administratif berada di Situbondo, tetapi akan lebih dekat jaraknya jika diakses dari Banyuwangi. Lokasi tepatnya adalah di Desa Wonorejo, kecamatan Banyuputih, kabupaten Situbondo. Padang rumput yang luas, bebatuan dan pepohonan yang beragam mengisi tiap sudut taman nasional ini.

Taman Nasional BaluranSekilas tentang Taman Nasional Baluran
Baluran adalah perwakilan ekosistem hutan yang memiliki hutan dengan jenis: hutan mangrove, vegetasi savana, hutan musim, hutan pegunungan bawah, hutan pantai, hutan yang selalu hijau sepanjang tahun dan hutan rawa. Hampir 40% diantara hutan tersebut adalah vegetasi savana.

Berbagai satwa liar yang hidup dan berhabitat di taman nasional ini antara lain: banteng, kerbau, rusa, burung merak, dan monyet ekor panjang. Taman nasional yang memiliki 25 ribu hektar luasnya ini mempunyai jenis hutan, tumbuhan dan satwa. Hal ini membuat Baluran dikatakan miniature hutan Indonesia yang memiliki semua tipe hutan yang ada di taman nasional ini.

Tumbuhan yang terdapat di taman nasional ini memiliki total sekitar 444 macam seperti diantaranya pilang, mimba, dan widoro bukol yang tumbuhan asli yang menarik dan khas. Ia memiliki 155 koleksi burung dan memiliki 26 jenis mamalia seperti: kerbau, banteng, kijang, ajag, kucing bakau dan macan tutul.

Eksotisme dan keunikan Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran yang juga terkenal dengan Africa Van Java merupakan wilayah pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli yang dikelola menggunakan system zonasi yang digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan, penelitian, pendidikan, rekreasi, pariwisata dan menunjang budaya.

Dari Little Afrika in Java ini memiliki berbagai destinasi wisata alam yang dapat anda kunjungi berupa padang Savana Bekol, hutan hijau Evergreen Forest yang lebat sampai eksotisme bawah laut yang ada di Bama.

Ketika anda memasuki taman nasional ini anda akan disambut dengan panorama hutan musim yang hijau dan lebat hingga 5 km panjangnya. Namun pada musim kemarau hutan musim ini akan terlihat kecokelatan dan rawan kebakaran.

Eksotisme dan keunikan Taman Nasional BaluranUntuk km ke 6 sampai 9 adalah pemandangan hutan yang sepanjang tahun selalu hijau dan tidak pernah kering. Hal ini karena terdapat di wilayah cekungan yang terdapat sungai bawah tanah sehingga anda seperti menyusuri terowongan hijau.

Selain itu terdapat juga sejumlah destinasi menarik lain sekitar Taman Nasional Baluran untuk anda kunjungi misalnya: Curah Tangis, Gua Jepang, Manting, Sumur Tua, Kramat, Dermaga, Balanan, Kajang, Talpat, Lempuyang, Kacip, Sejileh, Bilik,, Batu Numpuk, Teluk Air Tawar, Candi Bang dan Pandean dll.

Sumber photo: anekatempatwisata.com