Museum Keraton Sumenep

Museum Keraton Sumenep

1160
0
SHARE

Museum Keraton Sumenep – Di negara kita ini memang sangat banyak peninggalan sejarah yang kemudian diabadikan dalam sebuah museum. Sehingga para generasi muda seperti kita akan tetap ingat akan warisan luhur nenek moyang. Salah satu museum yang ada di Sumenep akan memberikan inspirasi yang cukup menakjubkan ketika berkunjung, ialah Museum Keraton Sumenep.

Apabila anda ingin mengajak keluarga atau kerabat anda menikmati warisan budaya nenek moyang serta menggali lebih dalam terkait sejarah, disinilah anda akan mendapatkannya. Sesekali melakukan wisata bertemakan sejarah juga perlu dilakukan untuk pengalaman yang lebih berbeda dan berkesan. 

warisan budaya nenek moyangBangunan Di Museum Keraton Sumenep
Keraton Sumenep terletak di bagian tengah-tengah kota, yang mana berdiri pada masa pemerintahan Panembahan Sumolo I di tahun 1762. Bangunan ini terbilang unik, karena di dalamnya terdapat corak budaya Islam, Cina serta Eropa. Di museum keraton ini ada beberapa peninggalan sejarah seperti Pendopo Agung, Kantor Koneng dan bekas Keraton Raden Ayu Tirto Negoro yang kini beralih menjadi tempat penyimpanan benda-benda zaman dulu.

Untuk Pendopo Agung hingga kini masih digunakan sebagai tempat untuk mengadakan acara yang berbau kabupaten seperti penyambutan tamu negara, kegiatan serah-terima jabatan pada pemerintahan hingga acara yang bernuansa kenegaraan. Dan untuk kantor Koneng merupakan kantor raja terdahulu yang merupakan ruang kerja dari Sultan Abdurrachman Pakunataningkrat I yang berkuasa sejak 1811 hingga 1844 Masehi.

Pada museum keraton tidak hanya terdapat tiga ruangan itu saja, melainkan tersedia juga sebuah kompleks keraton yang ada Taman Sare, yang merupakan tempat pemandian putri raja yang sampai saat ini masih dijaga, sehingga nampak asri dan masih cantik. 
Terdapat pula bagian lain dari keraton, yaitu berupa pintu gerbang Labang Mesem, yang memiliki arti pintu atau gerbang tersenyum, pintu gerbang tersebut melambangkan keramahan masyarakat sekitar kepada orang-orang yang berkunjung ke keraton. 

Bagian Museum Keraton Sumenep
Untuk museumnya terbagi menjadi tiga bagian yakni bagian yang ada di dalam atau di luar keraton serta bagian dalam keraton. Untuk bagian di luar keraton meliputi tempat penyimpanan kereta kencana kerajaan Sumenep dan kereta kuda pemberian dari ratu Inggris yang hingga kini masih dipergunakan ketika upacara memperingati hari jadi kota Sumenep.
Bagian Museum Keraton SumenepSedangkan untuk bagian kedua dari museum keraton ini ialah tempat penyimpanan alat-alat tujuh bulanan kehamilan keluarga kerajaan, serta beberapa senjata kuno. Museum ketiga disebut pula sebagai museum Bindara Saod karena pada zamannya tempat tersebut digunakan Bindara Saod untuk menyepi sehingga dikenal sebagai Rumah penyepian Bindara Saod. Ada 5 bagian disana, yaitu teras rumah, kamar depan bagian timur dan bagian barat, kamar belakang bagian timur serta barat. Itulah bagian-bagian museum tersebut.

Sumber Photo: jalan2.com