Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan Bali

1688
0
SHARE
Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan Bali – Pulau Bali memiliki beragam objek wisata di dalamnya. Namun, ada satu tempat yang menjadi surga bagi para pecinta alam bawah laut, yaitu Pulau Menjangan. Kata ‘menjangan’ dalam bahasa Jawa berarti ‘kijang’. Karena di kawasan Pulau Menjangan terdapat banyak sekali kijang dan rusa liar.  Ingin tahu lebih detail? Simak ulasan berikut.

Keindahan Pulau Menjangan Bali
Kita dapat menjumpai banyak sekali keindahan Pulau Menjangan Bali. Disini disajikan pemandangan gunung berapi, sawah, pasir putih yang luas, serta kehidupan bawah laut yang mengagumkan.

Keindahan Pulau Menjangan BaliSelain keindahan Pulau eksotis di Bali ini juga terdapat banyak kijang dan rusa. Pulau Menjangan menyuguhkan pemandangan aneka ragam terumbu karang dan ikan. Karena dikelilingi terumbu karang, pulau ini dihuni habitat terumbu karang, seperti kerapu besar, belut, moray, karang lunak, kakap kecil, serta batfish. Jika anda menyelam lebih dalam lagi, akan ditemui spesies tuna, penyu laut, jackfish, angelfish, bahkan hiu. 

Karena pulau Menjangan adalah wall diving terbaik di Bali, ada beberapa spot untuk diving yang terkenal antara lain Eel gardens, Secret Bay, dan Anchor Wreck. 

Akses ke Pulau Menjangan
Jika anda dari luar pulau, anda bisa ke Bali dengan pesawat atau alat transportasi antar pulau lainnya. Setelah sampai di Bali, anda dapat mengambil akses ke Pulau Menjangan dengan rute dari Denpasar, Selemadeng, Pupuan, Seririt, dan tiba di Menjangan. Rentang waktu perjalanan sekitar 4 jam. Selain itu juga bisa diakses dari Gilimanuk dengan menggunakan alat transportasi umum, atau dengan menyewa mobil.

Untuk menuju ke pulau, harus menyeberang menggunakan boat (kapal motor) yang ditempuh kurang lebih 30-45 menit dari Pelabuhan Lalang. 1 kapal biasanya muat untuk sekitar 10 orang.  Selama perjalanan ke Pulau Menjangan, anda akan menyaksikan pemandangan alam yang indah sekali.

Lokasi Pulau Menjangan Bali
Lokasi Pulau Menjangan terletak di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, atau di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Lokasi Pulau Menjangan berjarak kurang lebih 60 kilometer dari Lovina. Anda akan menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Denpasar, dan 3 jam dari Kuta.

Apabila anda menginap di area Lovina, anda dapat mencicipi ikan bakar disana. Namun, jika menginap di Gilimanuk, silahkan mencicipi Ayam Betutu yang lezat di kawasan ini. 

Tips ke Pulau Menjangan Bali

  1. Pilih waktu yang tepat Ketika anda ingin mengunjungi Pulau Menjangan Bali, disarankan untuk pergi pada kisaran bulan April hingga November. Kemudian ketika hendak menuju ke sana usahakan berangkat lebih pagi.
  2. Bawa Persediaan Makanan dan Minuman Tip ke Pulau Menjangan yang kedua yaitu lebih baik membawa persediaan makan dan minum sendiri untuk bekal ketika anda kelaparan setelah snorkeling atau diving nantinya.
  3. Bawa Barang Secukupnya Jangan sampai lupa membawa barang penting anda secukupnya seperti obat-obatan, baju ganti, sunblock, dan barang yang dibutuhkan lainnya. Bawa juga kantong plastik untuk baju kotor dan sampah makanan minuman anda.
    Tips ke Pulau Menjangan BaliTips ke Pulau Menjangan BaliSiapkan Peralatan Sebelum Diving atau Snorkeling Jika anda ingin melakukan diving atau snorkeling di pulau ini, siapkan terlebih dulu peralatan yang anda butuhkan untuk kegiatan tersebut. Sebelum menyeberang, anda dapat menyewa di resort yang letaknya dekat.
  4. Menginap Semalam Tips ke Pulau Menjangan terakhir, anda disarankan untuk menginap ataupun bermalam disini karena waktu untuk ke Denpasar yang memakan waktu sekitar 7 jam. Di dekat pelabuhan Lalang banyak resort dengan harga terjangkau.