Pulau Uluwatu di Bali

Pulau Uluwatu di Bali

793
0
SHARE

Pulau Uluwatu di Bali – Bali, Pulau Dewata yang banyak menyimpan pesona alam yang indah, cantik dan mempesona. Sebuah pulau tropis yang indah di Indonesia, Bali memiliki banyak tempat wisata. Selain itu, Bali menyimpan banyak sejarah, kebudayaan dan adat leluhur yang masih lestari hingga kini. Wisata yang banyak menarik wisatawan hingga mancanegara ialah pantainya.  Salah satu wisata andalan Bali yaitu Pulau Uluwatu Bali. 

Bila dilihat dari atas langit, bentuk dari tebing di Pulau Uluwatu Bali sangatlah unik. Bentuk tebingnya menjorok menghadap ke lautan lepas dan diatasnya dibangun sebuah Pura yang terkenal. Di sekitaran bawah samping tebing Uluwatu dapat dilihat pantai indah dengan pasir putih yang bersih. di bibir pantai gradasi air laut terlihat sangat indah, dari bening putih, biru muda hingga biru tua. 
Pulau Uluwatu Bali terdapat sebagai objek wisata bernama Pura Luhur Uluwati yang dibangun di atas tebing sangat terjal dan menjorok ke lautan. Bangunan Pura Luhur Uluwati berdiri kokoh di atas bukit karang yang tingginya mencapai 97 meter diatas permukaan laut. Untuk dapat sampai ke lokasi Pura Luhur Uluwati, diperlukan jarak sekitar 30 kilometer dari selatan kota Denpasar atau kurang lebih satu jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bali.   
Bila berkunjung ke Pulau Uluwatu Bali, ada hal menarik yang wajib diketahui para Wisatawan bila ke Pura Luhur Uluwati. Selain di Pura Luhur Uluwati mampu memberikan suasana religius khas Bali di tempat ini juga ditawarkan keindahan alam terutama keindahan ketika melihat matahari terbenam. 

Di komplek area Pura Luhur Uluwati, pengunjung bisa menjumpai sejumlah primat atau kera. Dan sebagai simbol hormat, sebelum masuk ke komplek pura, pengunjung wajib memakai pakaian khusus berupa kain sarung untuk pengunjung yang mengenakan rok atau celanan diatas lutut dan selendang bila mengenakan rok atau celana panjang dibawa lutut.

Memasuki halaman luar pura, pengunjung harus melewati sebuah gerbang dari Candi Bentar berbentuk lengkungan sayap burung. Uniknya, gerbang ini adalah peninggalan arkeologi abad ke-16 yang lalu. Selanjutnya, pengunjung akan melewati Candi Kurung. Di ruang utama pengunjung boleh masuk dan disanalah pengunjung akan menemukan sebuah prasada atau tempat moksanya Danghyang Nirartha. 

Hal menarik selanjutnya yaitu akan pengunjung bisa menikmati sunset di sore hari dan pertunjukan tari Kecak, sebuah kesenian yang sakral yang dimainkan oleh para seniman Bali yang digelar di panggung terbuka setiap harinya. Diarea inilah tempat paling indah bagi pengunjung menyaksikan pegelaran sambil melihat tebenamnya matahari.
Selain Pulau Uluwatu Bali dan Pura Luhur Uluwati, di Bali masih banyak menyimpan 
objek wisata yang terkenal dan tersembunyi lainnya. Sekilas, Bali mampu memberikan daya
tarik tersendiri bagi para turis lokal hingga mancanegara dengan keindahan alam yang diberikan. Itu alasannya, mengapa Bali bagian dari Indonesia begitu mendunia. 

Sumber Photo :

  1. pedomanwisata.com
  2. balitrips.co.id
  3. rentalmobilbali.net