Pusat Seni dan Budaya Ubud

Pusat Seni dan Budaya Ubud

613
0
SHARE
Pusat Seni dan Budaya Ubud – Pariwisata di Bali mengalami perkembangan yang begitu pesat. Pesatnya perkembangan di sektor wisata di pulau Bali, tidak lepas dari wajah Ubud. Wisata yang membawa wajah Bali hingga ke mancanegara ini sudah ada sejak tahun 1930, dan masih berkembang hingga saat ini. Sebagai tempat seni dan budaya Ubud di Bali, kota ini pertama kali diperkenalkan oleh Tjokorda Gde Agung, sehingga kini Ubud menjadi sebuah kampungnya para turis dari belahan dunia berkumpul. 
Perkembangan pariwisata Bali awalnya memang berasal dari Ubud. Kala itu, Ubud memang memberikan citarasa dan aroma kebudayaan yang khas disusul dengan hadirnya kesenian. Karena sudah sejak lama dikenal sebagai kampung seni dan Budaya Ubud jadi jangan heran bila kita akan menjumpai banyak turis mancanegara datang dan berlibur ke Ubud. 
 
Walau jaman semakin berkembang, Ubud tetaplah lestari bersama seni dan kebudayaannya. Ubud juga memiliki banyak pura dan beragam upacara. Dan yang lebih menarik, Ubud memiliki banyak sekali destinasi atau lokasi tujuan berwisata. 
 
Di desa seni dan Budaya Ubud juga menawarkan suasana tenang dan damai yang lepas dari hingar bingar keramaian kota. Bagi wisatawan yang bosan dengan suasana perkotaan, di Ubud akan mudah ditemui suasana pedesaan yang sejuk, asri dan masih alami. Bagi yang ingin mencari hunian, di desa juga sudah menyediakan resort atau vila. 
 
Selain menjadi kota seni dan Budaya Ubud, desa elok ini memiliki banyak kawasan dan objek wisata yang beragam. Beberapa objek wisata di Ubud yaitu:
  1. Museum Museum Rudana dan Rudana Fine Art Galelly yang merupakan museum seni Ubud. Museum ini menyimpan lebih dari 400 koleksi lukisan dan patung dari berbagai karya seniman. Ada juga Museum Puri Lukisan yaitu museum yang menyimpan koleksi seni rupa dari berbagai tempat mulai dari Bali, Indonesia hingga Luar negeri.
  2. Pasar Tradisional Pasar Seni Sukawati adalah tempat menarik di Ubud yang menjual beragam benda-benda seni khas Bali. Wisatawan juga akan menjumpai ratusan pedagang memadati area pasar tradisional ini. Ada juga Pasar Seni Ubud yang menjual beragan souvenir khas Bali sekaligus tempat yang sering dijadikan tujuan utama para wisatawan mancanegara.
  3. Bangunan Tradisional Ubud dikenal juga dengan bangunan tradisional atau pura peninggalan masa kerajaan seperti Puri Agung Ubud yang merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Ubud zaman dulu dan tempat bersejarah untuk kegiatan seni budaya dan adat.
  4. Wisata Alam Ubud juga menyimpan keindahan alam yang luar biasa seperti Wanara Wana atau Huran kera, wisata tirta di Arum Jeram, wisata di tebing Tukad Ayung dan Goa Gajah.
  5. Kampong pertunjukan dan kuliner Ubud juga dikenal dengan banyaknya pertunjukan dan seni seperti pertunjukan Barong Ket, pertunjukan Tari Legong dan tari Kecak. Ada juga kuliner dan oleh-oleh khas Ubud yang pastinya jauh lebih murah. 
Itu tadi seputar kampung seni dan budaya Ubud yang mendunia. Andapun harus membuktikan sendiri dan jangan kalah dengan wisatawan manca negara.
Sumber Photo : syalalla.blogspot.co.id