Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma di Gianyar Bali

Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma di Gianyar Bali

1333
0
SHARE
Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma di Gianyar Bali
Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma di Gianyar Bali – Rumah Topeng dan wayang Setia Darma atau yang sering disingkat dengan sebutan RTWSD terletak di Banjar Tengkulak Tengah, Gianyar, Bali. RTWSD adalah rumah atau tempat untuk meletakkan wayang dan topeng dari seluruh wilayah Nusantara maupun beberapa negara di benua Asia dan Afrika, hingga Eropa. Apa sejarah, tujuan, dan hal-hal lain yang menunjang terbentuknya RTWSD ini? Jawabannya akan diulas di bawah ini:
 
Berawal dari rasa keprihatinan terhadap seni topeng dan wayang yang semakin menurun dan semakin dilupakan dari waktu ke waktu bahkan terancam punah, juga karena kecintaanya terhadap seni terutama seni topeng dan wayang, tercetuslah ide dari seorang budayawan bernama Hadi Sunyoto untuk mengumpulkan topeng dan wayang untuk koleksi pribadi.
Sejarah Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma
Benda-benda bernilai seni tinggi itu itu didapatkan dari sejumlah wilayah Nusantara bahkan dari luar negeri seperti Jepang, China, Malaysia, Thailand, Singapura dan negara-negara lain di Benua Asia dan Afrika hingga Eropa. Setelah terkumpul sedikit demi sedikit  hingga 8 tahun lamanya barulah muncul ide untuk membuat suatu tempat untuk meletakkan benda-benda estetis tersebut sehingga dapat dilestarikan dan dibuka untuk umum agar bermanfaat untuk orang banyak maka terwujudlah Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma (RTWSD). 
 
Latar belakang menjadikan Bali sebagai RTWSD adalah karena Bali mau melestarikan budaya Nusantara terutama topeng dan wayang disaat semua orang telah melupakan dan mulai meninggalkan benda-benda estetis ini. Atas dasar inilah, RTWSD dibuat dengan konsep arsitektur Bali yang dipadukan dengan ciri khas daerah-daerah di Nusantara seperti Joglo dan limasan khas Jawa sehingga menambah daya tarik wisatawan yang ingin mengunjungi rumah topeng ini. 
 
Tujuan RTWSD
Adapun tujuan terbentuknya RTWSD antara lain: mengapresiasi seni topeng Nusantara maupun Mancanegara, melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa karena kita tahu bahwa budaya ini sudah hampir tergeser oleh budaya modern, mengembangkan pengetahuan terutama yang berhubungan dengan topeng dan wayang.
 
Selain itu juga sebagai sarana untuk mempromosikan budaya bangsa kepada negara lain, dan terutama sebagai obyek wisata yang tujuannya selain memberikan informasi juga hiburan kepada wisatawan domestik maupun asing. 
 
Jumlah Benda di RTWSD
Sejak awal berdiri di tahun 2006 terdapat koleksi topeng lebih dari 1300 dan 5700 wayang yang berasal dari wilayah dalam negeri dan beberapa negara lain. Jumlah ini belum mencapai keseluruhan koleksi, melainkan hanya setengahnya. 
 
Fasilitas di Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma
Terdapat ruang pertunjukan untuk mempertunjukkan karya topeng dan wayang, ditempat ini sering diadakan festival wayang yang berkelas internasional dan dihadiri oleh berbagai negara di dunia. 
Fasilitas di Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma
Selain topeng dan wayang, kesenian dalam negeri yang lain juga sering dipertunjukkan di panggung terbuka seperti seni tari tradisional nusantara. Dan berbagai fasilitas umum penunjang yang lain seperti MCK umum, taman tropis, tempat beristirahat dan lain sebagainya. 
 
RTWSD ini dapat dikatakan sebagai obyek wisata sekaligus museum. Kita dapat menikmati keunikan sekaligus mendapat banyak pengetahuan seputar topeng dan wayang.