Stasiun Kereta Gambir

Stasiun Kereta Gambir

1604
0
SHARE
Stasiun Kereta Gambir

Apakah anda sering berkunjung ke jakarta? Ada beberapa tipe masyarakat yang senang berpergian terutama yang menggunakan kereta api, alasanya karena kereta api tidak pernah macet hehe.. dan nyaman untuk di tumpangi. Jika anda sedang dan ingin pergi ke jakarta di sana ada stasiun kereta api yang paling besar sebagai pusat untuk berpergian mengarungi jakarta, ya stasiun kereta gambir adalah stasiun terbesar di jakarta yang letak dan lokasi nya sangat strategis untuk anda bisa berpergian kemanapun mengelilingi kota jakarta. Adapun stasiun kereta gambir tersebut juga bisa di gunakan untuk pergi ke berbagai kota besar di pulai jawa, ada 4 jalur yang di bagi dalam stasiun kereta api gambir antara lain jalur 1,2 dan jalur 3,4

stasiun kereta api
Dalam stasiun kereta api gambir sendiri ada 2 pintu utama, yaitu pintu utara dan pintu selatan. Kedua pintu tersebut di jadikan pintu utama untuk keluar masuknya penumpang kereta api. Pada bagian pintu selatan terdapat beberapa ruangan pelayanan seperti penjualan tiket dan kanter pelayanan customer service. Di situ kita bisa mendapatkan berbagai informasi tentang datang atau pemberangkatan kereta api di stasiun gambir.

Sejarah Stasiun Kereta Api Gambir

Stasiun kereta gambir merupakan stasiun tersibuk yang berada di gambir, jakarta pusat pada dahulunya stasiun ini bernama stasiun kloningspein, di dirikan pada tahun 1930 an. Dahulunya wilayah Weltevreden terletak di sebelah kanan gereja klloningsplein oost, yang kini merupakan wilayah medan merdeka timur yang pada sekitar tahun 1871 wilayah ini merupakan halte klongsplein oost (halte lapangan raja) dan selanjutnya halte tersebut di ganti dengan stasiun weltevreden yang kini merupakan stasiun gambir tersebut. Pada tahun 1928 stasiun tersebut di lakukan renovasi secara besar – besaran hingga sampai sekarang sudah terjadi beberapa kali renovasi hingga sampai berbentuk stasiun gambir yang sekarang ini.

Untuk fasilitas dan pelayanan di stasiun gambir sudah sangat baik ada eskalator untuk naik turun nya orang serta untuk masuk ke pemberhentian kereta api para penumpang hanya di perbolehkan masuk setelah 1 jam dari kedatangan kereta api sebelumnya para penumpang harus ada di rung tunggu dalam stasiun tersebut, hal ini di lakukan untuk mengurangi kepadatan di sekitar pemberhentian kereta api, karena memang stasiun kereta gambir tersebut merupakan stasiun utama jadi sangat padat sekali terutama di hari – hari kerja atau waktu liburan.

Adapun stasiun kereta api terdiri dari 3 lantai dengan penghubung tangga dan eskalator, untuyk lantai satu di sediakan café serta kantin untuk para penumpang dan layanan mesin atm, dan untuk lantai 2 merupakan ruang tunggu untuk seluruh calon penumpang kereta api, untuk lantai 3 sendiri merupakan jalur berangkat untuk kereta api di stasiun gambir.

Stasiun ini memang di fungsikan sangat strategis dan efisien jika anda ingin melanjutkan perjalanan ke Bandara soekarno hatta maka di bagian belakang dari stasiun ini sudah di sediakan bus Damri yang melayani pemberangkatan ke Bandara soekarno hatta.

Sejarah Stasiun Kereta Api Gambir

Sumber photo: 

  1. lokasi.nyarinyari.com
  2. suronews.com
  3. merdeka.com

Pengunjung Juga Mencari: