Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

1005
0
SHARE

Taman Nasional Bali Barat – Taman Nasional Bali Barat terletak di sebelah barat Pulau Bali. Tempat ini merupakan hutan dan sabana yang ditempati beberapa flora maupun fauna langka sehingga disebut sebagai Suaka Alam Bali Barat yang kini menjadi Taman Wisata Bali Barat. 

Tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri karena terdapat ekosistem darat dan ekosistem laut yang menjadi satu perpaduan. Ekosistem darat melingkupi hutan savana, hutan musim hingga hutan pantai. Sedangkan ekosistem laut melingkupi hutan mangrove, ekosistem koral serta perairan laut dangkal dan dalam. 

Anda akan mengetahui beberapa keunikan yang dimiliki Taman Nasional Bali Barat setelah menyimak ulasan di bawah ini:
Paket wisata lengkap
Tempat wisata ini adalah paket lengkap untuk wisatawan. Selain dapat menikmati keindahan ekosistem darat dan laut, melihat-lihat banyak hewan dan tumbuhan langka serta jutaan terumbu karang di lautan, anda juga dapat mengunjungi beberapa pulau yang berada di tengah-tengah tempat wisata ini. Salah satu pulau yang sering menjadi tujuan wisata para wisatawan adalah Pulau Menjangan. 

Fasilitas super lengkap
Selain fasilitas umum seperti MCK umum, resto, dan penginapan, terdapat beberapa fasilitas khusus yang tersedia disini, diantaranya pondok wisata, pondok jaga, jalan setapak, menara pandang, pemandu wisata, penyewaan speed boot, penyewaan peralatan selam, juga disediakan kapal dengan mesin tempel yang bisa anda sewa cukup dengan 250.000 rupiah per empat jam untuk menyeberang ke Pulau Menjangan. 

Terdapat 4  zona wilayah 
Untuk memudahkan pengelolaan, Taman Nasional Bali Barat dibagi menjadi 4 zona diantaranya: 
  • Zona inti, kawasan yang paling dilindungi
  • Zona rimba merupakan zona yang memperbolehkan aktivitas wisata alam terbatas
  • Zona pemanfaatan intensif yang merupakan zona pengelolaan aktivitas rekreasi dan pariwisata dan yang terakhir 
  • Zona pemanfaatan budaya yang merupakan kawasan untuk menunjang aktivitas agama dan budaya. 

Habitat terakhir bagi jalak Bali
Hewan endemik pulau Bali ini menurun populasinya karena jelajah terbangnya yang tidak jauh dan mudah ditangkap. Pemeliharaan yang cukup sulit membuat burung langka ini harus selalu dalam pengawasan agar populasinya tidak semakin menurun. 

Habitat satwa dan tumbuhan langka
Para pengunjung akan disuguhi beberapa tumbuhan yang terbilang langka pada habitat aslinya seperti ketangi, bayur, dan cendana. Di tempat ini anda juga dapat menyaksikan beberapa satwa langka di habitat aslinya seperti burung jalak Bali, trenggiling, kancil dan kijang. 

Taman Nasional Bali Barat bukanlah sekedar tempat wisata yang bertujuan untuk hiburan, akan tetapi yang terpenting adalah perlindungan terhadap satwa dan tumbuhan langka. Itulah beberapa keunikan Taman Nasional yang terletak di Pulau Bali ini. Gambaran tentang Taman Nasional Bali Barat ini sekaligus menambah wawasan anda dan menginspirasi untuk tujuan wisata anda selanjutnya.