Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

485
0
SHARE

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru – Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan sebuah taman nasional di provinsi Jawa Timur yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Malang, Lumajang, Pasuruan dan Probolinggo. Tepatnya berada di Desa Cemara Lawang Ngadisari, Jawa Timur, Indonesia. 

Pertama kali ditetapkan sebagai Taman Nasional adalah pada tahun 1982, luas wilayahnya kurang lebih 50.276,3 ha. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru banyak dikunjungi pendaki baik dari dalam negeri, maupun mancanegara. 
Taman Nasional Bromo Tengger SemeruSejarah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Pada awalnya daerah Tengger merupakan kawasan cagar alam dan hutan wisata yang berfungsi sebagai hutan produksi serta hutan lindung. Karena hal tersebut, sehingga daerah tersebut ditetapkan sebagai Taman Nasional Bromo Tengger oleh Kongres Taman Nasional Dunia.
Kemudian pemerintah Indonesia akhirnya meresmikan wilayah tersebut menjadi Taman Nasional Bromo Tengger tanggal 12 November 1992.

Flora dan Fauna Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Karena wilayah ini menjadi hutan lindung, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tentu terdapat flora yang dilindungi. Flora tersebut memiliki tipe ekosistem Montana, sub Montana, dan sub alphin. Terdapat banyak pohon besar dengan usia ratusan tahun, seperti jamuju, edelweiss, cemara gunung, serta beragam jenis anggrek dan rumput langka.

Selain Flora, Taman Nasional ini juga melindungi Fauna langka, seperti Ayam hutan merah (Gallus gallus), Ajag (Cuon alpinus javanicus), Rangkong (Buceros rhinoceros silvestris), Kera berekor panjang (Macaca fascicularis), Rusa (Rusa timorensis), Kijang (Muntiacus muntjak), Burung alap-alap (Accipiter virgatus), Srigunting hitam (Dicrurus macrocercus), Luwak (Paradoxurus hermaphroditus), burung Belibis, Elang ular bido (Spilornis cheela bido), Macan tutul (Panthera pardus melas), dan Elang bondol (Haliastur indus).

Objek Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Disini terdapat objek wisata air terjun Madakaripura. Selain itu, objek wisatanya juga merujuk pada dua gunung tertinggi di pulau Jawa, yaitu Gunung Semeru dan Gunung Bromo.

Di gunung Bromo, anda dapat menikmati panorama gunung lain, seperti Gunung Batok, Gunung Watangan, Gunung Kursi, Watangan Gunung, dan Widadaren Gunung. 

Ketika perjalanan ke Gunung Bromo, anda bisa menikmati lautan pasir 10km2. Kita dapat menaiki kuda atau menyewa kendaraan roda empat. Kemudian, di puncak Gunung Bromo andapun dapat menyaksikan kawah bromo yang aktif. 

Objek Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berikutnya anda dapat menikmati keindahan Semeru, serta menaklukkan gunung berapi Semeru yang masih aktif.
Akses Menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Banyak jalan menuju Roma, banyak pula akses menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jika ingin menuju Taman Nasional ini, disarankan ambil rute dari kota Malang. Akses Taman Nasional yang ini cocok bagi yang berasal dari luar kota dengan naik Pesawat, bus, motor, kereta api atau kendaraan roda empat lainnya. Kemudian menuju Probolinggo, lalu lewat Pasuruan, desa Tosari, dan nantinya akan sampai di Desa Ngadas.

Bagaimana? Seru bukan? Tertarik untuk berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Selamat berlibur.