Wisata Budaya Ke Museum Kraton Sumenep

Wisata Budaya Ke Museum Kraton Sumenep

2097
0
SHARE
Wisata Budaya Ke Museum Kraton Sumenep

Jika anda lagi berkunjung ke madura jangan sampai melewatkan warisan budaya yang masih terjaga di wilayah sumenep yaitu Musium Kraton Sumenep. Letaknya sendiri sangat strategis berada di pusat kota sumenep tepatnya di belakang kraton sumenep. Museum ini sangat bagus karena koleksi – koleksinya sebagian besar adalah peninggalan para bangsawan sumenep pada jaman itu tepatnya sekitar abad 18. Di sana anda dapat menemui peninggalan kereta kuno pada abad 18 yang masih terjaga tidak hanya itu banyak barang – barang bersejarah lainya yang masih terjaga antara lain arca, keramik di nasti ming pada masa di nasti ming di cina, naskah kuno, alat – alat pertanian pada masa itu dan koleksi peralatan nelayan pada masa itu. Untuk dari koleksi persenjataan banyak tersimpan antara lain, pedang , tombak, merium ada juga beberapa peralatan rumah tangga pejabat. Semua masih tersimpan sangat rapi di museum Kraton Sumenep.

Yang menarik di sini anda dapat menemui Al-Quran raksasa yang di tulis dari tulisan tangan berukuran 4 X 3 meter dan mempunyai total berat 500 KG. adapun alquran tersebut di buat oleh seorang yang bernamayanti dari desa bluto dan lama pengerjaan selama 6 bulan di buatnya pada tahun 2005 silam.

Musium Kraton Sumenep

Sedikit info mengenai kraton sumenep, kraton sumenep berdiri pada masa pemerintahan panembahan sumolo I yaitu sekitar tahun 1762. Arsiteknya sendiri berasal dari negri cina. Gaya yang di ambil dalam membangun keraton tersebut memadukan peradaban jawa, cina, islam dan eropa. Nama arsiteknyapun di abadikan ia bernama Liaw Piau Ngo. Dan dia adalah arsitek handal serta tersohor pada masa itu.

Bagian pertama dari Keraton sumenep ini anda akan melihat kereta kencana dan kereta kuda milik kerajaan sumenep. Untuk kereta kuda tersebut adalah pemberian dari ratu inggris. Kereta – kereta ini masih di pakai pada acara – acara penting seperti hari jadi kota sumenep.

Pada bagian berupa ruangan yang di gunakan untuk menyimpan peralatan – peralatan kerajaan seperti alat mitoni dan tujuh bulan masa kehamilan anggota keluarga kerajaan. Dan masih ada lagi peralatan – peralatan senjata dari berbagai macam bentuk dan koleksi barang dari china, seolah – olah menjelaskan tentang kedekatanya kerajaan sumenep dengan kerajaan china pada masa itu.

Bagian ketiga dari ruangan tersebut adalah musium bindara saod karana pada dahulunya ruangan tersebut sering di gunakan oleh bindara saod untuk tempat menyepi. Tempat inilah yang palaing ramai di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Di dalam keraton terdapat pendopo yang sampai sekarang masih di gunakan sebagai acara – acara penting pemerintahan kabupaten sumenep, seperti penyambutan tamu penting, acara pemerintahan kenegaraan dan lain – lain.

Sumenep sendiri merupakan sebuah kabupaten, walaupun sudah berada di pulau sendiri yaitu madura akan tetapi provinsi kabupaten sumenp masih bergabung dengan provinsi jawa timur. Dengan wilayah yang tersiri dari dataran rendah. Jika anda sedang berlibur di pulau madura jangan lupa mampir di kota sumenep ya terutama di Musium Kraton Sumenep.

kota sumenep

Sumber photo: panduwisata.com