Wisata Ke Taman Sari Yogyakarta

Wisata Ke Taman Sari Yogyakarta

1029
0
SHARE
Wisata Ke Taman Sari Yogyakarta

Kota yogyakarta penuh dengan pesona kali ini saya akan membahas tentang salah satu tempat bersejarah yang di miliki kota yogyakarta yang sudah ada sejak zaman dahulu sejak kerajaan mataram masih ada dan berjaya, tempat tersebut dulunya di gunakan untuk tempat pemandian para ratu – rati dan permaisuri serta selir raja pada zaman dahulu, nama tempat tersebut adalah taman sari yogyakarta.

Tempat ini sangat mempesona anda bisa melihat jernih nya air gemercik hingga desain yang seperti kolam renang berkelas yang sudah ada sejak zaman dahulu, hal tersebut memberikan pernyataan bahwa sejak zaman dahulu para raja – raja dan keluarga keraton memiliki selera seni yang sangat tinggi.

jernih nya air

Sejarah Taman Sari

Setelah adanya perjanjian giyanti maka di dirikanlah ke keratonan yang mengambil tempat di antara gunung merapi dan parang tritis tepat berada di tengah tersebut di dirikanlah sebuah keraton, serta di dirikan sebuah tempat pemandian yang di kenal dengan nama taman sari. Tempat ini di desain sedemikian rupa agar dapat memanjakan para ratu dan anggota keluarga keraton.

Taman sari terletak di jalantaman yang tak jauh dari lokasi keraton itu sendiri, selain di gunakanuntuk tempat pemandian dan tempat bersantai santai, taman sari ini juga di gunakan sebagai benteng pertahanan yang di bangun pada tahum 1758 – 1765 di lihat dari segi arsitekturnya karena terdapat lorong – lorong. Sekarang taman sari sendiri di jadikan tempat cagar budaya oleh pemerintahan yogyakarta.

Lokasi yang mempunyai luas sekitar 10 hektar tersebut mempunyai kompek yang sangat penting dan berkesinambungan antar komlek satu dengan komplek lainya adapun empat komplektersebut antara lain adalah.

Danau Buatan 
Danau ini terletak di sebelah barat dari lokasi taman sari itu sendiri, di komplek ini ada beberapa pulo antara lain adalah pulo kenongo, pulo cemethi dan sumur gumuling pulo pulo ini di bangun karena memiliki kegunaan nya yang berbeda beda seperti pulo cemethi yang di khususkan untuk ber meditasi.

Gedhong 
Tempat ini juga memiliki berbagai macam jenis seperti Gedhong Gapura Hageng , gedhong ini bisa di tandai karena memiliki 2 ruangan bertingkat dan di bangun pada tahun 1765 dan ada lagi Gedhong lopak – lopak serta umbul pasiraman yang mempunyai fungsi berbeda – beda
GedhongJangan sampai lupa untuk mampir ke area taman sari karena te,pat ini tak jauh dari lokasi keraton dan lokasi jalan malioboro yang sangat terkenal tersebut, anda cukup berjalan atau naik kendaraan ke arah selatan kurang lebih sekitar 500 meter dari keraton yogyakarta anda akan tiba di lokasi wisata favorit yang ada di yogyakarta taman sari tersebut, anda akan di buat betah untuk berlama – lama di tempat ini.

Sumber photo: anekatempatwisata.com