Wisata Tanah Lot

Wisata Tanah Lot

430
0
SHARE
Wisata Tanah Lot Pulau Bali terkenal dengan wisata pantai yang sudah tidak bisa diragukan keindahannya. Namun sebagian besar tempat wisata hanya menawarkan pesona keindahan dan kebebasan tanpa batas tanpa mempertimbangkan aspek budaya dan agama. Sehingga banyak tempat wisata yang disalahgunakan oleh sebagian orang untuk melakukan hal-hal yang menyimpang dari moral. 

Berbeda halnya dengan wisata-wisata lain yang hanya menyajikan keindahan dan kebebasan tanpa batas, ada satu tempat wisata yang bukan hanya menyajikan keindahan namun juga memperkenalkan kekhidmatan tempat ibadah yakni Pura Tanah Lot. 
keindahan dan kebebasan tanpa batas,Tempat ini juga memiliki pesona keindahan yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata yang lain. Selain tempatnya yang berada di tengah laut, Pura ini juga banyak mengandung arti sejarah yang menarik. Apa yang membuat pulau eksotik di Bali tersebut berbeda dengan tempat wisata yang lain? Dan apa saja keistimewaannya? Simak ulasannya di bawah ini.

Lokasinya tidak jauh dari Kota Depasar, tepatnya di Desa Beraban, Kabupaten Tabanan. Pengunjung dapat menggunakan taksi ataupun kendaraan pribadi.

Sejarah Singkat Tanah Lot
Pada abad ke 16 seorang brahmana pengembara  bernama Danghyang Nirartha yang terusir dari tempatnya bermeditasi kemudian memindahkan bebatuan karang itu ke tengah laut sehingga terbentuklah tanah di tengah laut yang terkenal dengan nama Tanah Lot tersebut.  Pura ini merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan yang berarti pura yang dipercaya menjaga pulau Dewata Bali. 

Keistimewaan Tanah Lot
Lokasinya yang berada di tengah laut menambah keunikan tempat ini. Tempat ini tampak seperti benar-benar di tengah laut apabila laut tengah pasang. Pengunjung tetap bisa mengunjungi Pura ini ketika air laut sedang surut seperti di sore hari. 

Pura ini digunakan untuk para pemeluk agama Hindhu yang ingin melaksanakan ibadah, selain itu biasa digunakan oleh masyarakat Bali untuk mengadakan ritual-ritual keagamaan. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Pura ini Suci sehingga para wisatawan juga harus menghargai aturan-aturan yang telah ditetapkan masyarakat sekitar. Para pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke dalam Pura melainkan hanya di platarannya. Wanita yang sedang haid pun tidak diperbolehkan untuk mengunjungi Pura. 

Tujuannya adalah untuk menjaga kesucian dan kekeramatannya. Meskipun dilarang untuk masuk ke dalam Pura, para pengunjung dapat menikmati keindahan dan kecantikan tempat ini saat matahari terbenam. Banyak wisatawan memanfaatkan moment ini untuk sekedar menikmati suasana dan mengabadikannya dalam bentuk foto.  
Keistimewaan Tanah LotFasilitas di Lokasi Tanah Lot
Di Pura ini disediakan beberapa fasilitas pendukung bagi pengunjung. Diantaranya penginapan, restoran, toko souvenir, dan masih banyak lagi. 

Tempat ini suci dan keramat, tetapi juga mengandung unsur keindahan. Maka dari itu, jagalah ucapan dan sikap anda ketika berkunjung ke tempat ini, dan ada baiknya di tempat wisata yang lain juga. Tempat ini cocok sebagai pilihan liburan anda yang menginginkan tempat wisata pantai yang unik dan tetap menjaga budaya.