Wisatawan Asing Banyak Berkunjung Ke Museum Fatahillah

Wisatawan Asing Banyak Berkunjung Ke Museum Fatahillah

1504
0
SHARE

Ingin berwisata sekalian menambah wawasan dan pengetahuan akan sejarah panjang negri ini maka jawabanya adalah berwisata lah ke museum. Jika anda berdomisili di jakarta atau dekat dengan kota jakarta maka kunjungilah museum yang sangat terkenal yaitu museum fatahilah. Jangan sampai kalah dengan para wisatawan asing, karena di museum fatahilah tersebut juga ramai di kunjungi para wisatawan – wisatawan asing untuk mengenal sejarah bangsa indunesia. Masa orang asing saja peduli dan ingin mengenal sejarah bangsa ini sedangkan kita malah tidak mau mengenal dan mengerti tentang riwayat negri yang kita tempati ini. He..he.. apa kata dunia?

menambah wawasan dan pengetahuan

Sejarahnya gedung ini dahulunya merupakan gedung VOC. Tepatnya balaikota Batavia VOC yang tepatnya di bangun pada tahun 1707 – 1710. Bangunan tersebut di buat menyerupai istana DAM di amsterdam yang terdiri dari beberapa ruangan, dan sayap bangunan terdapat ruangan berupa ruang pengadilan, ruang penjara serta ruang bawah tanah.

Untuk koleksinya juga sangat lengkap khususnya yang berkaitan dengan sejarah jakarta dan sejarah bangsa indonesia, di dalam dapat kita temui beberapa koleksi seperti periuk, mebel, keramik, gerabah dan peninggalan – peninggalan kerajaan seperti kerajaan Tarumanegara, bahkan ada peninggalan betawi berupa bejak betawi serta alat – alat perang juga terdapat di museum ini seperti meriam si jagur, meriam yang sangat terkenal dengan hal magis nya. Untuk ruanganya sendiri terdiri dari beberapa ruangan yang di beri nama Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang Batavia.

Di museum fatahilah juga banyak berbagai kegiatan dan aktifitas yang menunjang dan menambah makna bagus dan terkesan hidup museum itu sendir aktifitas – aktifitas tersebut antara lain adalah

  1. Wisata Jakarta
  2. Pentas Seni Kampung Tua
  3. Jelajah Malam Museum
  4. Nonton Bareng Film – Film Lama
  5. Kunjungan Ala Tentara Indonesia

Semuanya itu tidak bisa kita nikmati secara personal akan tetapi harus memiliki minimal 20 orang per kelompok agar bisa menikmati pementasan – pementasan yang di pilih tersebut.

Hal inilah yang sangat menarik bagi para wisatawan dari luar negri, banyak wisatawan – wisatawan yang senang dengan di selenggarakanya acara seperti ini untuk menunjang kesan hidup nya museum fatahilah. Wisatawan – wisatawan luar negri yang banyak berkunjung terutama dari negri belanda karena sejarah nya sendiri dahulunya bangunan ini kan milik penjajah belanda serta nenek moyang mereka banyak yang di tugaskan serta pernah menempati kota jakarta maka dari itu mereka mempunyai keterikatan batin dan emosional yang kuat terhadap bangsa indonesia khususnya di kota jakarta.

museum fatahilah

Selain itu dengan kedatangan para wisatawan asing tersebut menambah ke mahsyuran dan terkenalnya museum fatahilah tersebut hingga ke penjuru dunia. Semoga kedepanya museum ini bisa tetap bertahan dan eksis menampilkan inovasi – inovasi terbaru untuk menarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Sumber photo:

  1. bandung.jacktour.com
  2. kidnesia.com
  3. tapas25bnb.com