Wonosobo Jawa Tengah

Wonosobo Jawa Tengah

580
0
SHARE

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di jawa tengah yang menyimpan potensi pariwisata dan kekayaan alam yang luar biasa, kabupaten ini berdiri pada tanggal 24 juli 1825 sebagai kabupaten di bawah kesultanan yogyakarta bupati pertama kabupaten wonosobo adalah Kyai Moh.Ngampah yang di angkat oleh kesultanan yogyakarta karena juga telah berjasa membntu perang diponegoro serta menjapat gelar Kanjeng Raden Tumenggung Setjonegoro.

Kabupate bojonegoro berbatasan dengan kabupaten – kabupaten lain yaitu kabupaten kendal di utara, kabupaten magelang di timur, kabupaten kebumen dan kabupaten banjarnegara di barat dan di selatan sendiri berbatasan dengan kabupaten purworejo.

Sejarah dari kabupaten wonosobo sendiri bermula ada yang mengatakan pada sekitar abad 17 ada seorang pengelana yang bernama kyai kolodete, kyai karim dan kyai walik, yang mendatangi daerah wonosobo masing – masing kyai tersebut bermukim di daerah dieng, kalibeber dan wonosobo kota.

Setelah itu pada masa perang di ponegoro antara tahun (1825 – 1830) wonosobo merupakan sebuah basis pertahanan pasukan diponegoro hingga memperoleh kemenangan terhadap pasukan belanda. Ada beberapa kawasan yang di jadikan potensi wisata di daerah wonosobo antara lain yang sudah sangat terkenal dan di jadikan obyek wisata baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara adalah.

1.Gunung Prau 
Gunung prau merupakan sebuah gunung yang sangat terkenal di daerah wonosobo dan di telinga para pendaki karena keindahaanya, puncak gunung prau menapilkan keindahan yang luar biasa anda akan melihat puncak gunung – gunung lainya serta awan yang ada di bawah, sehingga di kawasan ini bagaikan istana di atas awan.
2.Puncak Sikunir 
Jika ingin melihat matahari terbit di kota wonosobo maka anda harus melihat dari puncak si kunir disini anda akan di buat terpesona dengan keindahanya puncak si kunir merupakan salah satu spot menikmati matahari terbit kelas dunia.

3.Telaga Warna 
Di telaga warna anda akan meilhat sebuah telaga yang berwarna – warni di suatu saat seperti watna kuning, biru, hijau dan warna – warna pelangi lainya karena telaga ini mengandung sulfur sehingga membuat warna telaga yang di lihat dari atas akan berwarna – warni, saat yang paling baik untuk menikmati telaga warna adalah di pagi hari sampai siang hari karena kalau sore hari biasanya akan tertutup awan.

4.Kawah Dieng 
Di kota wonosobo tepatnya di dataran tinggi dieng terdapat beberapa kawah yang sangat indah antara lain adalah kawah sileri, kawah sikidang dan kawah candradimuka, yang menjadi tempat favorit adalah kawah sikidang karena menyuguhkan pemandangan yang indah perpaduan hamparan hijau dan bukit kapur di sekitar kawah tersebut.

5.Candi Dieng 
Di kawasan Dieng, wonosobo ada peninggalan candi – candi hindu yang di keramat kan yang di jadikan sebuah simbul ke pariwisataan kota wonosobo, candi – candi tersebut di beri nama sesuai nama – nama tokoh mahabarata yang ada di agama hindu antara lain adalah candi arjuna, candi bima, candi gatutkoco, candi srikandi dan lain – lain. Model candi – candi ini seperti candi hindu kebanyakan.

Sumber photo: anekatempatwisata.com